Penyebab Nyeri Punggung saat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

 On Wednesday, November 23, 2016  

Selain merasakan nyeri perut, beberapa wanita yang sedang mengalami haid juga terkadang merasakan nyeri punggung. Sebenarnya nyeri punggung ini memang merupakan dampak ketegangan otot perut yang berkontraksi saat mengeluarkan darah dari dalam rahim.

Proses kontraksi otot tersebut tidak hanya ketegangan pada otot perut, melainkan juga pada otot pendukung yaitu otot punggung, pinggang, panggul hingga paha atas. Memang nyeri punggung akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, tetapi bagaimanapun nyeri punggung dapat menyebabkan rasa tidak nyaman selama menstruasi dan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Karen Hormon


Menjelang haid, hormon prostaglandin meningkat, hormon inilah yang memicu adanya nyeri otot punggung yang berfungsi dalam memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Karena peningkatannya relatif tinggi, otot tubuh yang lain cenderung meregang, termasuk otot punggung bagian bawah.

Tak Perlu Obat


Meskipun mengganggu, nyeri punggung tidak perlu dipulihkan dengan obat, karena pada umumnya rasa nyeri itu tidak disebabkan oleh hal yang serius.

Berikut ini adalah beberapa tips jitu untuk mengatasi nyeri punggung selama menstruasi :

1. Konsumsi air putih
Anda akan terkejut bagaimana air putih dapat mengurangi segala gejala menstruasi yang mengganggu, termasuk nyeri punggung. Konsumsilah air putih dengan cukup, karena selama menstruasi, Anda perlu mengganti cairan tubuh yang hilang itu dengan banyak air minum dan mengonsumsi buah-buahan juga sayuran yang banyak mengandung cairan.

2. Istirahat dan relax

Cobalah untuk beristirahat dan santai, biarkan tubuh Anda mengatasinya secara alamiah. Jika Anda tenang menghadapi kondisi ini, maka tubuh akan lebih mudah melakukan penyesuaian sehingga rasa nyeri dapat mereda.

3. Stretching
Anda dapat melakukan stretching ringan selama kurang lebih 10 menit setiap harinya agar otot menjadi relax dan ketegangan otot mereda. Anda bisa menggunakan alat terapi kesehatan tulang belakang luvina back stretcher.

4. Konsumsi umbi-umbian kunyit secara teratur dan berkala
Untuk menghindari nyeri selama haid dan masalah kewanitaan lainnya, ada baiknya mencoba konsumsi umbi-umbian kunyit secara teratur dan berkala. Kunyit telah teruji klinis dapat menekan inflamasi yang menjadi biang nyeri dan masalah kewanitaan lainnya.

Jika nyeri punggung masih terus mengganggu Anda maka Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter setempat.
Penyebab Nyeri Punggung saat Menstruasi dan Cara Mengatasinya 4.5 5 Nurdian Wednesday, November 23, 2016 Proses kontraksi otot tersebut tidak hanya ketegangan pada otot perut, melainkan juga pada otot pendukung yaitu otot punggung, pinggang, panggul hingga paha atas. Memang nyeri punggung akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, tetapi bagaimanapun nyeri punggung dapat menyebabkan rasa tidak nyaman selama menstruasi dan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Selain merasakan nyeri perut, beberapa wanita yang sedang mengalami haid juga terkadang merasakan nyeri punggung . Sebenarnya nyeri punggu...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.