Diyakini Bisa Menyembuhkan, Ternyata 4 Manfaat Buah Merah Hanya Mitos

 On Sunday, February 10, 2019  


Belakangan nama buah merah semakin akrab di telinga. Berjuluk Buah Ajaib, buah asli Indonesia yang berasal dari Papua ini cukup populer kemampuannya untuk mengatasi masalah kesehatan hingga penyakit serius. Selain disajikan dalam hidangan khas saat pesta-pesta oleh masyarakat Papua, buah merah juga diyakini mampu mengatasi masalah mata, kolesterol, hingga kanker.

Meskipun hanya ada di Papua, namun belakangan banyak produk buah merah yang dijual di pasaran dalam bentuk kapsul atau pun bentuk botolan. Buah merah memiliki banyak kandungan nutrisi dan antioksidan, meski demikian buah ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan.

Buah merah kaya nutrisi, namun juga tinggi kalori. Konsumsi dalam jumlah berlebih juga tidak dianjurkan.

Buah merah dalam bentuk suplemen seperti Redoten juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita hamil dan pasien dengan gangguan ginjal dan liver. Karena tidak ada bukti ilmiah yang mengizinkan wanita hamil dan pasien liver juga ginjal aman konsumsi buah ini.

Penting juga diperhatikan izin Badan Pengawas Makanan dan Obat (BPOM), karena jika kemasannya tidak higienis isinya bisa tercemar mikroorganisme. Mitos dan fakta yang beredar soal buah merah. Berikut ini di antaranya;

1. Dapat mencegah kanker?

Fakta. Karena antioksidannya tinggi. Namun jika ditanya apakah bisa menyembuhkan jawabannya 'tidak'. Selama ini penelitiannya baru pada satu sel kanker payudara, dan seperti yang kita tahu bahwa tubuh manusia sangat kompleks jadi membutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Dapat sembuhkan sakit mata?

Mitos. Buah merah memang kaya antioksidan, salah satunya beta karoten. Namun jika disebut dapat sembuhkan penyakit mata itu mitos. Betakaroten itu baik untuk menjaga kesehatan mata. Kenyataannya penyebab sakit mata itu terlalu luas, dan kurang tepat jika menggunakan buah merah sebagai terapi.

3. Dapat turunkan kolesterol

Mitos, tapi tidak menutup kemungkinan pada penelitian berikutnya. Selama ini baru dilakukan penelitian pada hewan.

4. Dapat kuatkan otot?

Mitos. Pernyataan itu muncul akibat penelitian yang dilakukan pada tikus. Tikus yang diberikan ekstrak buah merah kemudian diberikan beban berat akan terlihat lebih bertenaga. Setelah diteliti buah merah mampu memperkuat otot tikus dan mampu mengatasi stres otot hingga kelelahan fisik. Namun meski baru uji coba pada tikus, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari juga berlaku pada manusia.
Diyakini Bisa Menyembuhkan, Ternyata 4 Manfaat Buah Merah Hanya Mitos 4.5 5 Nurdian Sunday, February 10, 2019 Belakangan nama buah merah semakin akrab di telinga. Berjuluk Buah Ajaib, buah asli Indonesia yang berasal dari Papua ini cukup populer kemampuannya untuk mengatasi masalah kesehatan hingga penyakit serius. Selain disajikan dalam hidangan khas saat pesta-pesta oleh masyarakat Papua, buah merah juga diyakini mampu mengatasi masalah mata, kolesterol, hingga kanker. Belakangan nama buah merah semakin akrab di telinga. Berjuluk Buah Ajaib, buah asli Indonesia yang berasal dari Papua ini cukup populer ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.