6 Cara Mudah Merawat Jam Tangan Agar Tetap Awet

 On Sunday, October 7, 2018  


Jam tangan memang salah satu barang yang wajib kita miliki, karena selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, gak dipungkiri jam tangan memang menjadi salah satu item untuk melengkapi fashion baik pria maupun wanita. Ditambah sekarang ini sudah banyak sekali pilihan model jam tangan yang beraneka ragam sehingga bisa disesuaikan model jam tangan dengan fashion kita mulai dari kasual atau formal sekalipun. 

Sama halnya dengan aksesoris yang lain, jam tangan juga penting untuk dirawat agar tetap awet dan tahan lama. Maka itu penggunaan jam tangan memang tidak boleh kasar. Sayang banget kan kalau kita sudah beli jam tangan dengan harga yang tidak murah tapi, rusak begitu saja. Berikut ini cara mudah merawat jam tangan agar lebih awet dan tahan lama.

Simpan jam tangan di tempat kering

Cara mudah pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan menyimpan jam tangan kamu di tempat kering dengan suhu normal dalam kamar. Karena jika kamu menyimpan jam tangan di tempat yang tidak sesuai akan mengurangi umur jam tanganmu. Apalagi kalau kamu meletakkannya di tempat yang memiliki suhu ekstrim terlalu panas, atau terlalu dingin yang tanpa kamu sadari suhu tersebut akan mempengaruhi kondisi jam tangan milikmu. Sebaiknya kamu menyimpan jam tanganmu di dalam kotak khusus jam tangan agar lebih aman dan terjaga.

Rajin bersihkan jam tangan

Jam tangan juga perlu untuk dibersihkan secara rutin jika kamu mau kualitas jam tangan kamu tetap terjaga. Membersihkan jam tangan juga gak sesulit yang dibayangkan. Karena yang kamu butuhkan hanya tissue basah tapi, bukan tissue yang terlalu basah apalagi dibasahi dengan air ya! Karena membersihkan jam tangan dengan tissue dan air justru akan merusak jam tangan kamu. Gunakan baby wipes, untuk menghilangkan bekas keringat yang menempel pada jam tangan kamu, lalu bersihkan kembali menggunakan tissue kering dan diamkan beberapa saat. Hindari mengeringkan dengan dryer ya karena angin panas yang keluar akan mempengaruhi komponen dalam jam tanganmu.


Bersihkan tali jam tangan

Jangan lupa juga untuk bersihkan tali arlojimu juga ya, selain untuk menjaga kualitasnya, dengan rajin membersihkan tali jam tangan akan membuat kamu terhindar dari iritasi kulit yang disebabkan oleh bakteri – bakteri yang menempel pada tanganmu. Tapi, tali jam tangan harus dibersihkan sesuai dengan material yang digunakan.

Karet atau plastik

Untuk jam tangan yang menggunakan tali berbahan karet cara membersihkannya sangat mudah, kamu hanya perlu bersihkan menggunakan sabun kemudian sikat dengan menggunakan sikat kecil untuk menghilangkan sisa – sisa keringat yang menempel sehingga lebih bersih, tidak menimbulkan jamur dan bau tidak sedap. Kemudian segera keringkan.

Kain atau kanvas

Tali jam tangan berbahan kain atau kanvas bisa kamu bersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan sabun, setelah itu keringkan dengan menggunakan kertas koran agar lebih cepat kering dan tidak menyisakan bau tidak sedap. Setelah itu baru dikeringkan dengan cara diangin – anginkan selama beberapa saat.

Stainless

Untuk tali jam tangan dengan bahan stainless steel murni, bersihkan tali jam tangan kamu dengan cara menyikatnya, khususnya pada sela – sela tali jam tangan untuk menghilangkan sisa – sisa keringat yang menempel lalu, segera keringkan.

Kulit

Untuk merawat tali jam tangan dari kulit agak sedikit berbeda, gunakan kain setengah basah untuk membersihkan tali jam tangan lalu, keringkan kembali dengan menggunakan kain kering. Agar lebih awet selalu oleskan cairan berupa lotion untuk merawat bahan kulit minimal seminggu sekali.

Jauhkan jam tangan dari area magnet

Jika tanpa sengaja kamu sering meletakkan arlojimu dekat dengan barang – barang elektronik seperti televisi, lemari es, kipas angin, microwave dan lainnya sebaiknya mulai jauhkan dari barang – barang tersebut. Karena jam tangan yang diletakkan berdekatan dengan barang yang mengandung gelombang elektromagnetik tersebut dapat mempengaruhi perputaran jam tangan sehingga membuat jam tanganmu tidak menunjukkan waktu yang tepat. Kalau kamu merasa jam tangan kamu sering ngaco mungkin ini salah satu penyebabnya.

Alasi dengan tissue

Kalau kamu orang yang mudah berkeringat terutama di area pergelangan tangan, lebih baik alasi dahulu jam tangan dengan tissue berbahan lembut. Hal ini dilakukan agar jam tidak langsung bersentuhan dengan kulit tanganmu. Karena kandungan garam pada keringat yang menempel pada tali jam tangan dapat menimbulkan korosi atau karat pada jam tangan kamu. Terlebih jika jam tangan kamu terbuat dari bahan stainless steel yang rentan berkarat.

Pakai jam tangan sesuai dengan kegiatan


Karena jam tangan merupakan salah satu aksesoris fashion, memang sebaiknya digunakan sesuai dengan kegiatan yang sedang kamu lakukan. Hindari menggunakan jam tangan berbahan stainless ketika kamu sedang berolahraga karena selain keringat yang bisa menimbulkan karat, hal ini juga untuk melindungi jam tanganmu dari benturan atau goncengan yang bisa meninggalkan bekas lecet pada jam tangan kamu. Kamu bisa memilih jam tangan berbahan karet yang lebih cocok dan sesuai. Selain itu, bahan karet juga lebih awet dan tahan dari keringat atau benturan.

Gimana? Merawat jam tangan ternyata mudah kan? Untuk menjaga kualitas jam tangan tersebut, sebaiknya kamu melakukan perawatan jam tangan ini minimal seminggu sekali ya. Dengan begitu, jam tangan kesayangan kamu akan awet bahkan bisa tahan sampai bertahun – tahun.
6 Cara Mudah Merawat Jam Tangan Agar Tetap Awet 4.5 5 Nurdian Sunday, October 7, 2018 Jam tangan memang salah satu barang yang wajib kita miliki, karena selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, gak dipungkiri jam tangan memang menjadi salah satu item untuk melengkapi fashion baik pria maupun wanita. Jam tangan memang salah satu barang yang wajib kita miliki, karena selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, gak dipungkiri jam tangan me...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.